/*============================================ Syntact untuk SEO ===================================================*/ <data:blog.pageName/> <data:blog.pageTitle/> /*==================================================================================================================*/ Terapi Pengobatan Vertigo /*============= Google Anal_gelitik ===========*/ /*=============================================*/

Terapi Pengobatan Vertigo

A. Terapi Kausal

Terapi kasual yaitu pengobatan dengan meniadakan dan memusnahkan penyebab penyakit sampai pada akar-akarnya.

B. Terapi Simtomatik

Terapi simtomatik adalah suatu cara pengobatan dengan mengurangi ataupun meringankan gejala penyakit, sedangkan penyebab utamanya yang lebih mendalam tidak dipengaruhi sama sekali. Sebagai contoh dengan meminum obat untuk menghilangkan secara sementara.

C. Terapi Rehabilitatif

Terapi rehabilitatif adalah suatu terapi pengobatan secara fisik dengan latihan fisik. Ada 2 metode terapi fisik yaitu :

1)      Latihan Metode Brandt-Daroff

Latihan metode Brandt-Daroff yaitu pasien duduk tegak di tepi tempat tidur dengan kaki tergantung. Lalu tutup kedua mata dan berbaring dengan cepat pada salah satu sisi tubuh selama 30 detik, kemudian duduk tegak kembali. Setelah 30 detik baringkan tubuh ke sisi lain dengan cara yang sama, tunggu selama 30 detik, setelah itu duduk tegak kembali. Lakukan latihan ini 5 kali pada pagi hari, dan 5 kali pada malam hari sampai 2 hari berturut-turut tidak timbul vertigo lagi

2)      Latihan Visual Vestibular dan Latihan Berjalan

  1. Pada penderita yang harus berbaring
    1. Melirik ke atas, ke bawah, ke samping kanan, ke samping kiri. Selanjutnya gerakan serupa sambil menatap jari yang digerakkan pada jarak 30 cm, mula-mula gerakkannya lambat, makin lama makin cepat.
    2. Gerakkan kepala ke kiri dan ke kanan, makin lama makin cepat. Lalu diulangi dengan mata tertutup.
  2. Pada penderita yang sudah bisa duduk
    1. Gerakkan kepala dengan cepat ke atas dan ke bawah, seperti sedang manggut, sebanyak 5 kali, lalu tunggu 10 detik atau lebih lama sampai vertigo menghilang. Ulangi latihan tersebut sebanyak 5 kali.
    2. Gerakkan kepala menatap ke kiri atau ke kanan atas selama 30 detik, kembali ke posisi biasa selama 30 detik, lalu menatap ke atas sisi lain selama 30 detik dan seterusnya. Ulangi latihan sebanyak 3 kali.
    3. Sambil duduk membungkuk dan mengambil benda yang diletakkan di lantai.
  3. Pada penderita yang sudah bisa berjalan
    1. Sambil berdiri gerakkan mata ke kiri dan kekanan dan gerakkan kepala juga ke kiri dan ke kanan juga ke depan dan ke belakang.
    2. Duduk di kursi lalu berdiri dengan mata terbuka dan tertutup.
    3. Jalan menyeberang ruangan dengan mata terbuka dan tertutup.
    4. Jalan turun-naik pada lantai miring atau undakan dengan mata terbuka dan tertutup bergantian.
    5. Berjalan mengelilingi seseorang sambil melempar bola dengannya.
    6. Physical conditioning dengan melakukan olahraga ringan.